Senin, 18 April 2011

Buah Sahabat Perempuan




Sebutir apel sehari mungkin tak sekedar menjauhkan dokter. Buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbaiki tingkat kolesterol baik tanpa menyebabkan kenaikan angka timbangan pada perempuan. Studi terbaru menunjukkan bahwa perempuan yang makan 75 gram apel yang telah dikeringkan selama enam bulan mengalami penurunan kadar LDL ( kolesterol  jahatnya hinggal 23 persen )

Peneliti studi tersebut, Bahram H. Arjmandi, kepala jurusan nutrisi di Florida State University, Amerika Serikat, menyatakan kadal HDL ( kolesterol baik ) meningkat sekitar 4 persen.

Untuk melihat efek apel pada kesehatan perempuan, Arjmandi dan tim nya secara acak memisahkan 160 perempuan berusia 45 – 65 tahun kedalam dua kelompok. Perempuan di kelompok pertama makan 75 gram apel kering setiap hari selama setahun. Dan kelompok lainnya mengasup buah kering lainnya.

Sampel darah mereka diperiksa setelah 3 bulan, enam bulan dan pada akhir periode study.

Perempuan yang mengonsumsi apel mempunyai kadar kolesterol jahat lebih rendah bila dibandingkan dengan ketika awal study. Begitu pula dengan kadar lipid hydroperoxide ( produk radikal bebas beracun  yang menyebabkan kerusakan dan kematian sel dalam tubuh ) serta proten C-reaktive, indicator peradangan dalam tubuh mereka.

Para ilmuan juga menemukan bahwa tambahan 240 kalori perhari yang disumbangkan oleh apel kering itu tidak menyebabkan penambahan bobot badan perempuan justru turun sekitar 1,5 kilogram selama periode study.

Keri Gans, ahli diet dan juru bicara American Dietic Assosiation, menyatakan, meski para perempuan itu mengkonsumsi apel kering, efeknya akan tetap sama bila mereka makan apel segar. “ Meski sulit untuk membuat perbandingan yang pasti, secangkir apel segar kira-kira setara dengan seperempat apel kering “ ujarnya. “ Manfaat menurunkan kolesterol itu tampaknya berasal dari tingginya kandungan serat apel, yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

( Koran Tempo : 18 April 2011 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar