Jumat, 16 Desember 2011

Beda Kantor, Beda Kultur

Pindah dari satu kantor ke kantor yang lain sudah menjadi hal yang biasa. Namun bukan berarti anda bisa menyamakan kebiasaan di kantor lama dengan kantor baru. Agar tidak salah sikap, ada baiknya anda menyimak beberapa pemaparan berikut ini.

Memasuki lingkungan kerja baru berarti anda berusaha mengenal dan memperkenalkan diri. Agar pekerjaan ke depannya lancar, cobalah anda menimbulkan kesan yang baik dan sopan kepada teman teman kantor.

Pertama, jadilah orang yang ramah dan murah senyum. Berjumpa dengan orang baru tentu menimbulkan rasa sungkan atau gugup. Jangan sampai rasa gugup tersebut membuat anda diam saja dan bersikap tidak perduli dengan teman teman sekitar. Ubahlah sikap gugup tersebut dengan cara tersenyum kepada teman teman kantor anda.

Jangan lupa untuk menyapa setiap orang yang anda temui dikantor. Sapalah, baik itu teman seprofesi, maupun teman beda profesi, seperti bagian umum atau keamanan.

Kedua, jangan mengucilkan diri sendiri di kantor. Merasa sendiri di kantor yang baru memang wajar dirasakan sebagai karyawan yang baru masuk. Untuk mengatasinya, cobalah anda berkenalan dan mengajak bicara teman dikantor. Carilah waktu yang tepat untuk bicara dengan mereka, misalnya ketika jam makan siang. Jangan mengajak bicara mereka ketika jam sibuk kantor. Sebab mereka dapat merasa terganggu.

Ketiga, jadilah pribadi yang menyenangkan. Suasana kantor akan terasa nyaman dan menyenangkan jika ada sisipan humor yang menyegarkan didalamnya. Jadi jika situasinya memungkinkan, anda dapat bercanda dengan teman sekantor. Namun, ingat karena anda orang baru, sebaiknya bercanda sewajarnya dan tetap sopan. Jangan sampai bercanda yang terlalu berlebihan, anda jadi dimusuhi teman - teman sekantor.

Keempat, kenalilah lingkungan kantor anda yang baru. Jika anda bekerja di perusahaan yang biasa berpakaian resmi, gunakan pakaian  yang resmi juga, begitupun sebaliknya. Jadi, jangan sampai anda terlihat berbeda jauh dengan pakaian teman yang lain. Jangan lupa menggunakan parfum yang beraroma terlalu menyengat. Sebab, mungkin ada orang yang tidak menyukai aroma parfum anda.

Selamat Bekerja

Sumber : KOMPAS, 12 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar