Kamis, 15 Desember 2011

Cara Merawat Tas Punggung



Ada beberapa hal yang membuat tas punggung sampai sekarang masih diminati oleh banyak orang, salah satunya kemudahan dan kenyamanan saat digunakan. Belum lagi desain dan warna tas tersebut kini begitu atraktif, sehingga juga mampu mendongkrak penampilan si pengguna.

Bagi para pelancong pun, tas semacam ini digunakan agar memudahkan saat berkenala dari satu tempat ke tempat yang lain.

Untuk menjaga penampilan tas punggung, kebersihan dan perawatan tentu menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Akan tetapi, langkah tersebut tidak dapat dilakukan agar tas tidak malah rusak. Berikut bagaimana caranya.

  • Membersihkan dengan kain yang membab atau sedikit basah merupakan langkah yang paling sederhana untuk menjaga kebersihan tas ransel. Langkah ini bisa dilakukan pada semua bahan tas, baik itu nilon, kain biasa maupun bahan parasit. 
  • Kalau kotoran membandel, anda bisa menggosoknya dengan sikat lembut yang sebelumnya dicelupkan ke air sabun, kemudian dijemur selama beberapa menit. Khusus untuk tas berbahan nilon yang bagian bodi dan tali umumnya diisi dengan busa, dianjurkan untuk tidak mencuci dengan merendamnya di air sabun dan menjemurnya dalam waktu yang lama.
  • Merendam tas dalam waktu lama dikhawatirkan akan membuat busa menjadi kempes dan merusak lapisan anti air yang ada di dalam bagian dalam tas. Sebagai catatan, beberapa tas dilengkapi dengan bahan yang dapat memantulkan cahaya yang akan mengelupas kalau digosok terlalu keras. Karenanya juga bagian ini baik baik saja karena sangat berguna pada malam hari, terutama bagi pengendara motor. 
  • Kalau tas tersiram air hujan, segera keringkan dibawah sinar matahari, karena kalau tidak tas akan ditumbuhi jamur - terutama yyang berbahan nilon dan kain lain - yang tentu akan merusak keindahan tas. Anda bisa menggunakan cover khusus untuk tas dari bahan parasit yang banyak dijual dipasaran agar tas tidak terkena air. 
  • Tempat penyimpanan tas pun sebaiknya kering dan jauh dari kelembaban agar jamur tidak tumbuh. 
  • Terakhir untuk menjaga kondisi tas, sebaiknya tidak membawa barang terlampau berat. Beban berat tentu akan merusak struktur jahitan. 

From : Tips Klasika ( KOMPAS, 16 Desember 2011 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar