Sabtu, 17 Desember 2011

Manfaat Buah Cranberry

Buah Cranberry sedang menjadi primadona saat ini. Rasanya yang asam manis dan segar sangat berkhasiat untuk kehalusan dan kesehatan kulit. Antara lain melembabkan, mencegah kulit kusam, penuaan dini, dan timbulnya jerawat. 

Buah cranberry ini termasuk dalam tumbuhan semak semakan pendek, banyak ditemukan dibagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak jaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan dan sebagai anti oksidan. Dan kini ekstrak nya mulai digunakan sebagai bahan dasar untuk produk perawatan kecantikan. 

Kandungan yang ada dalam buah cranberry ini diantaranya mengandung zat anthocyanin flavonoids, sianidin, peonidin, quercetin, tanin, vitamin A, vitamin C, dan E. Semua ini berkhasiat meregenerasi, melembabkan, mencerahkan, sekaligus mengencangkan kulit. Selain itu cranberry juga berkhasiat untuk mengurangi kerutan dan kekusaman karena efek buruk radikal bebas. Enzim yang terkandung didalamnya dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati yang menyumbat saluran kelenjar sebasea ( kelenjar yang memproduksi minyak untuk melumasi permukaan kulit ). Akibatnya pembentukan jerawat dapat terhindari.

* Masker Cranberry dari buah asli efektif mencerahkan kulit kusam dan memberi kesan segar diwajah lelah secara instant. Bila anda penggemar masker alami, coba resep ini : 
  • Haluskan 1 mangkuk cranberry, satu mangkuk irisan apel, 2 sendok makan air lemon dalam blender.
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. 
  • Hindari area mata, bibir dan leher. Area kulit tersebut lebih tipis sehingga lebih sensitif dan lebih mudah iritasi. 
  • Bila muncul reaksi alergi, segera konsultasikandengan dermatolog.

* Mengonsumsi buah cranberry secara utuh atau jus cranberry murni sangat disarankan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Karena didalamnya terkandung zat phytochemicals, yang bisa mencegah kanker dan kelainan pada jantung. Sebaiknya jangan terlalu banyak dicampur dengan air gula, ataupun susu agar nutrisi yang terkandung didalamnya benar benar murni dan tidak terjadi penambahan kalori yang berlebihan.

Sumber : Majalah Femina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar