Jumat, 16 Desember 2011

Memasak sehat dengan Memanggang

Bagi kebanyakan orang, memanggang makanan menggunakan microwave dianggap menyulitkan karena memerlukan kehati-hatian. Namun, hal tersebut akan terbayar dengan hasil yang didapat. Memasak dengan microwave dapat mematangkan bahan makanan dengan cepat dan hampir semua jenis makanan dapat diolah dengan cara ini. Selain itu, teknik memanggang makanan merupakan salah satu cara memasak yang sehat dan dapat menekan tingkat kolesterol. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memanggang agar menghasilkan makanan yang baik dan sehat. 

Pertama, atur letak makanan sesuai bentuknya. Makanan yang lebih tebal diletakkan pada bagian terluar wadah. Namun bila bahan makanan yang dimasukkan dalam alat pemanggang memiliki ketebalan rata, letakkan melingkar diatas wadah, dan biarkan bagian tengah kosong. 

Selanjutnya, untuk beberapa jenis makanan, perlu dilakukan perputaran wadah atau membalik bahan makanan agar tingkat kematangan di setiap bagian menjadi rata, misalnya pada bahan makanan daging, telur dan beberapa makanan lainnya. 

Perhatikan ukuran wadah makanan. Bahan makanan yang mengandugn susu cair, sereal, dan selai akan mengembang lebih besar bila dimasak dengan teknik seperti ini, dari pada dimasak biasa. Oleh karena itu, gunakan wadah yang lebih besar agar bahan makanan tidak meluap keluar. 

Beragam wadah dapat digunakan untuk memasak makanan di microwave asal tahan panas. Namun, sebaiknya hindari wadah berbahan besi karena sifat gelombang mikro yang tidak dapat menembus logam. 

Saat memanggang bahan makanan berupa daging sebaiknya dilapisi dengan alumunium foil, hal ini untuk mencegah terbakarnya daging yang berlemak. Sementara itu, untuk beberapa jenis makanan seperti telur, sayur atau hati sapi, hendaknya wadah dilubangi terlebih dahulu. Hal ini menjaga alat pemanggang tetap bersih dari semburan uap yang dikeluarkan tiba tiba. 

Jangan lupa memperhitungkan lamanya proses pemanggangan. Makanan yang dimasak dengan microwave akan tetap mengalami pemanasan sesaat setelah dikeluarkan, Oleh karena itu, perhitungkan waktu dengan benar agar makanan matang dengan optimal. 

- Happy Cooking - 

Sumber : KOMPAS, 7 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar